Minggu, 04 Juni 2017

Jalan-jalan dengan Trans Metro Pekanbaru?

Share it Please








Assalamuallaikum temen-temen.

Kali ini aku mau cerita nih tentang prngalaman aku selama dua tahun berada di Pekanbaru. Nah. Jadi yaa. Waktu awal-awal aku tinggal disini. Aku cukup merasa enjoy dengan rutinitas kampus dan kos. Setiap harinya. Semester satu itu aku bisafi bilang gak kemana-mana. Yang ak tau hanya kosan aku sama kampus. Beranjak ke semester dua, ya hampir sama lah. Gak jauh beda. Namun aku udah sedikit ada kegiatan di kampus karna sudah ikut berorganisasi.

Banyak faktor yang membuat aku bergerak hanya seputaran kos dan kampus saja. Seperti cuaca yang panas sekali, trik, debu, trus aku tidak tahu kemana mau pergi dannkendaraan pun tidak ada. Alhasil thun pertama aku di sini. Aku masih 0 kali pengetahuannya tentang Pekanbaru. Semester berikutnya aku udah mulai jalan-jalan karna diajakin temen dan karna ada yang nebengin. Jadi ya idah buat cari hiburan daari pada suntuk di kos ga ngapa-ngapain, mendingan ikut aja. Tapi ya kalo ada yang ngajak sama kalo ada yang mau nebengin. Kalo enggak ya udah. Enggak kemana-mana.

Sampe suatu saat aku di ajakin sama Ulfa dan Bella untuk jalan-alan tapi menggunakan bus Trans Metro Pekanbaru(TMP). Awalnya aku rada heran sih. Jalan-jalan pake TMP itu gimana. Tapi ya udah lah. Berhubungkarna ini juga pengalamannaku pertama kali naik busway. Jadi awalnya itu kita naiknya dari daerah Marpoyan. Trus jalan *maaf aku ga bisa jelasin ke arah mananya karna aku sama sekali ga ngerti jalanan di Pekanbaru. Aku akan cerita gimana kesan aku naik TMP. 

Menurut aku, TMP ini inovasi yang sangat bagus. Jika sosialisasi naik bus yang di gadang oleh TMP ini sendiri dapat terlaksana dengan baik, seharusnya macet di Pekanbaru dapat terurai. Kenapa enggak naik TMP?? TMP itu murah kok cuma Rp.4000,- untuk satu kali perjalanan sampai tujuan, baik itu transit ataupun tidak. Trus juga gampang, haltenya banyak dan menjangkau berbagaai daerah di sekitaran Pekanbaru. 



Kebanyakan orang-orang di Pekanbaru menggunakan kendaraan pribadi(mobil) yang mana terkadang hanya ditumpangi oleh satu orang saja . Hal ini lah yang menyebabkan kemacetan. Nah jika orang tersebut pergi menggunakan TMP, maka ada satu space kosong yang bisa di luangkannuntuk kendaraan lain. Hal ini baru untuk satu orang, bagaimana jika 10orang yang berarti 10 kendaraan, bagaimana jika 100 orang, 200, 300 yang berarti bakalan banyak ruang kosong di jalanan yang akan mengurangi macet Pekanbaaru yang semakin hari semakin parah ini.

Tapi, berbicara tentang kebaikan, saya juga sedikit sedih dengan timing dari TMP ini, waktu kedatangan busnya tidak menentuk dan cenderung lama. Sehingga mengulur waktu. Saya tidak tahu alasannya apa, apakah karna macet? Mungkin saja. Dan saya juga berfikir, mungkin karna jam kedatangan bus yang tidk pasti kah yang membuat orang-orang malas naik TMP? Entah lah. 


Saya berharap seiring berjalannya waktu, TMP bisa lebih baik lagi dalam Managenent waktunya dan masyarakat Pekanbaru bisa gemar naik Bus untuk mengurangi kemacetan. Aamiin


AYO NAIK BUS !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini